Pengertian Hacker, dan Apa Saja Jenis-Jenis Tekhniknya?

Pengertian Hacking, dan Apa Saja Jenis-Jenis Tekhniknya

Pengertian Hacking, dan Apa Saja Jenis-Jenis TekhniknyaSeseorang yang sangat ahli dalam bidang komputer, terutama dalam bidang keamanan komputer disebut Hacker. Jadi, kegiatan Hacking adalah kegiatan yang dilakukan Hacker hanya untuk mengecek tingkat keamanan dari suatu program. Berbeda dengan Cracking, yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memasuki sistem keamanan suatu program secara paksa dengan tujuan untuk merusak atau mengubah program tersebut, dan pelakunya disebut Cracker. 

Banyak orang yang salah mengartikan Hacker sebagai Cracker. Hacker sendiri dibagi menjadi 2, yaitu White Hat yaitu yang baik hati dan tidak sombong :v. Dan Black Hat yaitu kebalikan dari White Hat. Ada beragam cara yang dilakukan Hacker atau Cracker dalam melakukan aksinya. Dan di artikel ini, saya akan membahas tentang jenis-jenis cara yang dilakukan Hacker dalam melakukan aksinya. 
Langsung aja...

1. SQL Injection

Ini adalah cara yang dilakukan Hacker untuk memasuki suatu Website dengan memanfaatkan error di site tersebut. Sebelum menggunakan cara ini, biasanya Hacker akan mencari dulu site yang vuln alias rentan, dengan menggunakan Google Dork, kalo belum tau baca dulu disini Google Dork. SQL Injection adalah salah satu cara Hacking yang paling simpel dan mudah.

2. Deface / Defacing


Deface / Defacing biasanya dilakukan setelah memasuki site yang diinginkan (Jadi Adminnya). Deface  adalah cara Hacker untuk meninggalkan 'jejak' di site yang udah mereka retas, dengan cara mengganti tampilan halaman site tersebut dengan tampilan yang sudah disiapkan oleh Hacker tersebut. Ada tempat khusus dimana Hacker memeperlihatkan hasil Defacingnya, yaitu di Zone-H

3. Bruteforce atau WP Bruteforce


Bruteforce biasanya dilakukan pada site-site dari WordPress. Cara ini bisa dibilang cara Hacking 'manual'. Kenapa?, karena WP Bruteforce itu bekerja dengan cara menebak-nebak password dan nama user dari suatu site.WP Bruteforce biasanya terdiri dari 2 program, 1 program adalah 'si eksekutor' dan 1 lagi adalah list dari keyword untuk menebak password dan nama usernya. Ada banyak list password yang udah disediain di Google.

4. Phising


Phising adalah cara yang dilakukan Hacker atau Cracker untuk mendapatkan email dan password sosia media. Phising dilakukan dengan cara membuat halaman palsu yang dibuat meyerupai halaman aslinya. Misalnya, seorang Hacker ingin mendapatkan akun facebook orang lain, maka ia membuat site yang tampilanya menyerupai halaman login facebook. Dan, semua email dan password yang dimasukan ke halaman palsu tersebut akan terkirim ke email si pembuat halaman palsu tersebut. Jadi lebih hati-hati aja dalam menggunakan medsos.

5. Social Engineering

Social Engineering sebenernya bukanlah tekhnik Hacking.  Ini hanya cara untuk menipu korban agar masuk ke perangkap si Hacker. Misalnya, seorang Hacker menipu temannya agar mengisi halaman login facebook palsu yang dibuatnya dengan iming-iming hadian jutaan rupiah, padahal itu cuman perangkap saja. Tapi sebenernya Social Engineering ini memang sangat penting dalam dunia Hacker dan Cracker. Dan Social Engineering juga bisa memiliki peran yang besar dalam penyebaran sebuah virus komputer.

6. DDoS (Distributed Denial of Service)


DDoS atau Distributed Denial of Service adalah cara yang dilakukan untuk membuat suatu server menjadi down atau tidak bisa diakses lagi. Tekhnik ini bekerja dengan cara 'membanjiri' suatu server dengan paket data yang sangat besar sampai server tersebut tidak sanggup menerimanya lagi dan akhirnya down. Nah supaya si server cepat down, cara ini biasanya dilakukan Hacker secara berkelompok atau dengan BotNet-BotNet buatan si Hacker. Pada 2011, server dari WordPress juga pernah terkena serangan DDoS yang 98%-nya berasal dari China, dan mengakibatkan blog-blog dari WordPress tidak dapat diakses untuk sementara waktu.

7. Dan lain-lain

Cuman 6 tekhnik saja yang saya tau, mungkin masih banyak lagi?. Dan silahkan cari sendiri sisanya di Mbah Google, atau tuliskan saja di KOMENTAR.

Sampai sini aja akhir dari artikel Pengertian Hacking, dan Apa Saja Jenis-Jenis Tekhniknya ini. Semoga bisa menambah wawasan kalian dan jangan lupa baca artikel saya yang lain atau Follow aja Blog ini biar ga ketinggalan postingan selanjutnya.

Pengertian Hacking, dan Apa Saja Jenis-Jenis Tekhniknya





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Hacker, dan Apa Saja Jenis-Jenis Tekhniknya?"

Posting Komentar